Sosialisasi Pengolahan Sampah Organik dan Unorganik yang dihasilkan oleh Kampus Universitas Muhammadiyah Mataram.

Sosialisasi Pengolahan Sampah Organik dan Unorganik yang dihasilkan oleh Kampus Universitas Muhammadiyah Mataram.

Senin, 25 Februari 2021 di gedung komunikasi penyiaran Islam (KPI) Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Mataram. Telah diadakan acara  sosialisasi dengan tema “Pengolahan Sampah Organik dan Unorganik yang dihasilkan oleh Kampus Universitas Muhammadiyah Mataram”.

Mitra dalam hal ini adalah Bagian Perlengkapan dan Rumah tangga Universitas Muhammadiyah Mataram. Hasil dari kegiatan ini dapat menjadi rekomendasi bagi asatis di universitas Muhammadiyah Mataram dala mengambil kebijakan terkait persampahan di lingkungan kampus Universitas Muhammadiyah Mataram.

Berbagai cara dilakukan untuk menanggulanginya. Mulai dari pembakaran sampah anorganik, pembuatan pupuk kompos dari sampah organik, dan daur ulang sampah. Namun, masing-masing cara penanganan sampah tersebut mempunyai kelemahan dan terjadi kekurang optimalan dalam memanfaatkan produk hasil olahan sampah. Saat ini, sampah hanya dikumpulkan untuk dibuang di Tempat Pembuangan Akhir (TPA), kemudian ditumpuk atau dibakar begitu saja. Padahal, pembakaran sampah menimbulkan masalah baru. Melihat berbagai permasalahan tentang sampah di atas, sangatlah perlu kita mengolah dan memanfaatkan sampah untuk menjadikan sampah lebih berguna. Salah satunya, yaitu potensi sampah untuk digunakan sebagai bahan dasar pembuatan seemen, batako, dan barang barang lain yang bernilai ekonomis tinggi.

nurfitri

nurfitri

Open chat
Novi Yanti Sandra Dewi, Lc., M.E
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Silahkan Kirim Pesan Jika ada yang ingin ditanyakan